Darmawan Prasodjo Lakukan Inspeksi Infrastruktur Listrik IKN Jelang Peringatan HUT RI ke-79

 Darmawan Prasodjo Lakukan Inspeksi Infrastruktur Listrik IKN Jelang Peringatan HUT RI ke-79

--

"Kami memastikan bahwa sistem kelistrikan untuk mendukung hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia besok bisa berjalan dengan lancar. Listriknya adalah listrik hijau dengan teknologi yang sangat canggih," ungkap Darmawan.

Lebih lanjut, Darmawan menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan empat lapis skema pengamanan listrik untuk acara tersebut.

BACA JUGA: PLN Siapkan Infrastruktur dan Personel untuk Menyukseskan KTT WWF di Bali

BACA JUGA: Tol Listrik Sumatera Siap Beroperasi: PLN Fokus pada Kelistrikan Andal dan Layanan yang Responsif

Skema ini terdiri dari beberapa komponen utama, termasuk dua kabel penyulang yang berasal dari dua gardu induk yang berbeda, serta tambahan Uninterruptible Power Supply (UPS) dan genset sebagai cadangan. 

Dengan adanya skema ini, PLN berharap dapat meminimalkan risiko gangguan listrik dan memastikan kelancaran perayaan.

Khusus untuk pasokan listrik, Darmawan menyatakan bahwa meskipun proyeksi kebutuhan listrik untuk rangkaian peringatan HUT RI ke-79 mengalami peningkatan dari awalnya 1,5 megawatt (MW) menjadi 3 MW, pasokan listrik hijau yang disediakan oleh PLTS IKN masih sangat memadai.

"Kami memiliki kapasitas PLTS IKN sebesar 10 MW, yang berarti konsumsi hanya 3 MW, sedangkan produksi listrik hijau 10 MW. Maka, 7 MW listrik hijau dari produksi di IKN akan kami evakuasi dan kirim ke sistem interkoneksi PLN di Kalimantan," imbuh Darmawan.

BACA JUGA:Infrastruktur Kendaraan Listrik Diperkuat: PLN Tambah 98 Unit SPKLU untuk Masa Mudik

BACA JUGA:Persiapan PLN untuk Momen Mudik: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Siap Sambut Pemudik

Selain itu, Darmawan menjelaskan bahwa keandalan pasokan listrik di IKN juga didukung oleh beberapa komponen penting lainnya.

Terdapat dua Gardu Induk (GI) 150 kilo volt (kV), yaitu GIS 4 dengan kapasitas 2x60 megavolt ampere (MVA) dan GI Mobile Gersik dengan kapasitas 2x30 MVA. Jaringan transmisi di IKN membentang sepanjang 26,03 kilometer, sementara jaringan distribusi memiliki panjang 64 kilometer.

Terdapat pula 23 gardu yang mencakup 4 Gardu Hubung, 2 Gardu Istana, dan 17 Gardu Distribusi, serta 35 UPS cadangan dan 28 genset emergency.

Darmawan menekankan bahwa sistem kelistrikan di IKN dirancang untuk berorientasi pada masa depan.

BACA JUGA: Menteri ESDM: PLN Siap Hadapi Tantangan Kelistrikan Selama Momen Berharga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: