Beri Pesan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan Sejak Dini, BI dan Pemprov Sumsel Lakukan Panen Cabai

Beri Pesan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan Sejak Dini, BI dan Pemprov Sumsel Lakukan Panen Cabai

--

BISNIS, PALPOS.ID- Pada Rabu, 23 Oktober 2024, Bank Indonesia Sumatera Selatan (BI Sumsel) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengadakan kegiatan Panen Cabai dan Awarding Ceremony Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Goes to School di SMKN 1 Gelumbang, Muara Enim.

Acara ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi, S.H., M.S.E., Kepala Perwakilan BI Sumsel Ricky P. Gozali, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Ir. Yulius, M.Si, serta Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pelajar, guru, dan penyuluh yang telah aktif berkontribusi dalam program GSMP GTS Awards 2024.

Dalam sambutannya, Ricky P. Gozali menekankan pentingnya pengendalian inflasi, khususnya pada kelompok pangan volatil seperti cabai.

Ia menjelaskan bahwa cabai merupakan salah satu komoditas yang paling bergejolak dan berpengaruh signifikan terhadap inflasi di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Jangan Khawatir : Bank Indonesia Tegaskan Uang Rp10.000 Tahun Emisi 2005 Masih Berlaku

BACA JUGA: Bank Indonesia Sumsel Menargetkan 27 Juta Transaksi Digital di 2024

“Melalui program GSMP Goes to School ini, kami berharap terjadi perubahan pola pikir di masyarakat, dimulai dari siswa dan guru, dari yang sebelumnya hanya sebagai konsumen menjadi produsen yang mampu memenuhi kebutuhan pokok secara mandiri,” ungkap Ricky.

Sementara itu, Pj. Gubernur Elen Setiadi mengingatkan bahwa tingginya permintaan cabai yang melebihi pasokan di Palembang adalah salah satu faktor utama penyebab inflasi pada komoditas ini.

Beliau juga menyoroti perlunya kewaspadaan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025, di mana permintaan cabai biasanya meningkat.

“Kami berterima kasih kepada Bank Indonesia atas dukungan dan penyelenggaraan kegiatan ini,” tambahnya.

BI dan TPID Sumsel aktif terlibat dalam GSMP melalui berbagai bentuk bantuan dan fasilitasi.

BACA JUGA:Kadivyankumham Kemenkumham Sumsel Sampaikan Isu Strategis Produk Hukum Daerah Sumatera Selatan

BACA JUGA:Bank Indonesia Sumsel Edarkan Rp5,3 Triliun Penukaran Uang, Ini Titik Lokasi Penukaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: