Kreatif! Mapala Universitas Warmadewa Bangun Bale Bengong dari Sampah Plastik, Ini Bentuknya...

Kreatif! Mapala Universitas Warmadewa Bangun Bale Bengong dari Sampah Plastik, Ini Bentuknya...

Rektor Universitas Warmadewa atau Unwar Prof Dr Ir I Gde Suranaya Pandit MP, saat duduk di Bale Bengong berbahan sampah plastik yang dibuat Mapala Citta Mandala Unwar, Jumat 26 Mei 2023.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Apa Kabar Pembentukan Kabupaten Brebes Selatan Pemekaran Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah? Ini Progresnya

Sedangkan Koordinator Pembuat Bale Bengong Ecobricks Mapala Citta Mandala Kadek Bramdhika Ada mengaku bangunan tersebut dibuat dari sekitar 1.900 botol plastik.

Yakni sekitar 900 botol plastik sebagai pondasi bangunan di bagian bawah. Dan sisanya sekitar 1.000 botol plastik untuk tiang dan atap bangunan.

‘’Kita berupaya memasyarakatkan gerakan mengurangi penggunaan sampah plastik dan gerakan bijak menyikapinya,” terang Kadek Bramdhika.

Kadek Bramdhika mengaku, bangunan dirangkai sekitar sebulan. Untuk bahan botol plastik, pihaknya meminta bantuan mahasiswa baru Unwar.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah Bentuk Kabupaten Daerah Otonomi Baru, Ada 2 Pilihan Nama...

BACA JUGA:Wacana Bentuk 3 Kabupaten dan Kota Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat...

Dimana, masing-masing mahasiswa baru Universita Warmadewa tahun 2022 yang lalu harus membawa satu botol plastik bekas setiap orang.

‘’Kemudian, kita bekerjasama dengan sejumlah bank sampah dan mengambil langsung sampah-sampah yang ada di kampus,” ungkap Kadek Bramdhika.

Namun untuk ketahanan bangunan bisa bertahan lama. Sebab, pihaknya pernah membuat kursi duduk dari bahan yang sama, dan bisa bertahan lama.

‘’Hanya saja bangunan Bale Bengong ini terpapar langsung sinar matahari bisa saja nantinya mengkerut.

Namun untuk pondasi bangunan kita jamin bisa bertaham hingga setahun kedepan,” tambah Kadek Bramdhika. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: