Wow! Di Akhir Masa Jabatanya Rektor Unsri Anis Sagaff Wisudakan 60,97 Persen Lulusan dengan Predikat Cumlaude

Wow! Di Akhir Masa Jabatanya Rektor Unsri Anis Sagaff Wisudakan 60,97 Persen Lulusan dengan Predikat Cumlaude

Rektor Unsri, Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng.--

OGANILIR,PALPOS.ID - Sedikitnya 1.235 peserta mengikuti wisuda ke-166 Universitas Sriwijaya (unsri).

Gelaran wisuda ke-166 Unsri ini menjadi uang terakhir masa kepemimpinan rektor Unsri, Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng. Berlangsung kemarin, Rabu, (21/6) di gedung Audithorium Unsri Indralaya.

"Pecah rekor pada wisuda kali ini, mahasiswa yang lulus tepat waktu dengan pujian cum laude berjumlah 753 orang. Setara dengan 60,97persen. Ini adalah wisuda terbaik, terbanyak cum laude nya," sebut Anis. Sekaligus mengindikasikan proses belajar mengajar di Unsri semakin baik dan menuju prima.

BACA JUGA:Temuan BPK 36 Proyek di Dinas PUPR Ogan Ilir Bermasalah, Kerugian Negara Capai Rp 8,4 Milyar

Secara persentase, mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat paling banyak mendapatkan predikat cumlaude mencapai 87,10 persen. Disusul FKIP 76 persen, FISIP 68,70 persen, fakultas pertanian 58,42 persen, fakultas ilmu komputer 57,95 persen.

Kemudian mahasiswa fakultas teknik 56,57 persen, fakultas MIPA 55,65 persen, fakultas hukum 51,79 persen, fakultas ekonomi 51,23 persen, fakultas kedokteran 57,95% dan program pascasarjana 25%.

Semwntara itu, Lulusan yang mendapatkan predikat cum laude dapat melanjutkan ke jenjang S2 dan S3 unsri tanpa tes dan tanpa uang pendaftaran.

BACA JUGA:Diperiksa Korupsi Dana Hibah Bawaslu, Mantan Ketua DPRD Ogan Ilir Minta Ketua DPRD OI Jangan Beropini

"Kali ini merupakan wisuda perdana program profesi Insiyur angkatan pertama, ada 23 dari 73 orang yang diantara wisudawan nya adalah wakil menteri ketenagakerjaan republik Indonesia," ujar rektor unsri.

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) merupakan kerjasama antara unsri dengan persatuan insinyur Indonesia pusat.

 "PSPPI utamanya didirikannya untuk memfasilitasi alumni unsri di bidang engineering, semua fakultas teknik, mipa bidang fisika, kimia, FKIP bidang fisika dan kimia, fakultas pertanian bidang agro engineering, serta semuanya sarjana lainnya di luar unsri," terang Anis.

BACA JUGA:Korban Longsor di Desa Srijabo, Ogan Ilir Pilih Tetap Bertahan Meski Nyawa Terancam

Lebih lanjut dikatakannya, semua sarjana engineering saat ini wajib memiliki sertifikasi profesi insinyur. Sejak diberlakukannya UU no 11 tahun 2014 yang sudah efektif Januari 2019 lalu. Sertifikasi ini wajib seperti profesi dokter, apoteker dan lainnya.

Selain enginering, Unsri juga di tahun ajaran baru ini sudah mulai membuka jurusan profesi apoteker.

"Itu kita sudah dapat surat dari kementrian, izin untuk penyelengaran (profesi apoteker) saat ini sedang kita persiapkan dan akan kita buka di semester ganjil Agustus ini," tukas Anis.

BACA JUGA:Sekolah Jenjang TK Hingga SMA Gelar Wisuda, Begini Tanggapan Kepala Dinas Pendidikan Ogan Ilir

Karena izinnya baru saja diterima, maka pembukaanya akan diselenggarakan melalui jalur mandiri unsri.

Profesi apoteker ini lanjutan dari jurusan farmasi yang berada dalam fakultas MIPA. Penerimaan untuk yang perdana ini terbatas untuk 20 kursi mahasiswa saja.

Sesuai dengan ketentuan asosiasi apoteker untuk yang pertama buka dibatasi 20. Nanti jika sudah berkembang dilengkapi dengan dosen dan lulusan yang bagus, maka akan dilengkapi tambahan kuota.

BACA JUGA:Ngeri-Ngeri Sedap, Rumah Warga Ini Terancam Ambruk Digerus Longsor

"Kita nanti kuliahnya di kampus Indralaya dan Palembang. Kalau yang sudah-sudah program profesi ini kita selalu tempatkan di pasca sarjana Palembang," jelasnya.

"Lab apoteker kita sudah di klinik Indralaya, di Palembang juga sudah kita buat. Jadi kita punya 2 Lab," sebut Anis. Sedangkan untuk Lab kimia dan lain-lain ada di Lab MIPA.

Profesi berbeda dengan S1, lebih banyak praktek. Farmasi tidak bisa langsung mengeluarkan obat, harus mengikuti program profesi.

BACA JUGA:4 Aktivis Ini Datangi Kantor Bupati Ogan Ilir Desak Evaluasi Kinerja Pejabat

Disamping itu, masa jabatannya sebagai rektor unsri tinggal menghitung bulan lagi. Anis menyebut, semua kandidat merupakan pribadi yang kompeten dan pernah menjabat di level dekan.

Dewan senat sudah membentuk panitia dan melakukan penjaringan 4 bakal calon.

"Nanti tanggal 26 akan dipilih 3. Hasilnya nanti akan dikirimkan ke kementrian, sesi ke duanya milih bersama mentri," jelasnya.

BACA JUGA:Dua Pelajar di Ogan Ilir Ditabrak Truk Fuso, Begini Kronologisnya...

"Yang penting bisa membawa kapal yang bagus, tapi dia harus high speed. Karena mau menuju PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum). Kalau cuma mau duduk saja di kursi rektor, bisa tenggelam," sambung Anis.

Sehingga dapat melanjutkan program yang sudah berjalan dan menjadi PTNBH. Karena akan lebih sulit mempertahankan dibanding mendapatkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: