Terpusat di Kampus Unsri Indralaya, UTBK-SNBT Akan di Ikuti 21.666 Peserta, Rektor Beri Arahan Ini

Terpusat di Kampus Unsri Indralaya, UTBK-SNBT Akan di Ikuti 21.666 Peserta, Rektor Beri Arahan Ini

Rektor Unsri Taufiq Marwa (baju batik nomor 2 dari kiri) beserta Jajaran saat memberikan keterangan kepada Wartawan--Foto: Isro/Palpos.id

OGANILIR,PALPOS.ID - Universitas Sriwijaya (Unsri) dalam waktu dekat akan menggelar Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Kegiatan tersebut akan dipusatkan sepenuhnya di Kampus Unsri Indralaya. Hal ini berbeda dari tahun sebelumnya yang sebagian di gelar di beberapa lokasi sekolah maupun kampus di Palembang.

Berdasarkan jadwal, UTBK-SNBT ini akan berlangsung dua gelombang. Gelombang pertama yakni dari tanggal 31 April hingga 2-7 Mei 2024. Gelombang kedua berlangsung dari tanggal 14-27 Mei 2024.

Rektor Unsri, Taufiq Marwa mengatakan UTBK-SNBT tersebut akan di ikuti oleh 21.666 peserta dari berbagai bidang studi. Digelar dengan 23 sesi dengan mekanisme pembagian waktu pagi dan siang, setiap sesi diikuti 980 peserta.
BACA JUGA:Pengumuman Kelulusan SMA Dilakukan Secara Online

BACA JUGA:PPDB SMA Dimulai, Berikut Mekanisme dan Jadwalnya
"Untuk pagi UTBK SNBT berlangsung pukul 6:45 Wib dan siang dimulai pukul 13:30 Wib. Diharapkan para peserta datang sebelum ujian di mulai serta telah mempersiapkan segala keperluan yang di butuhkan," ungkap Taufiq kepada wartawan kemarin Kamis, 25 April 2024 di Gedung Auditorium Unsri Indralaya.

Pihaknya, ungkap Taufiq telah mempersiapkan sebanyak 37 gedung di 10 lokasi di Kampus Unsri Indralaya. Menurutnya hal itu telah mencukupi dari jumlah peserta yang ada sebanyak 21 ribu lebih dari perkiraan peserta yang mendaftar sebanyak 27 ribu lebih peserta.

"Insya Allah ini telah mencukupi. Disetiap ruangan akan menampung 20 peserta ditambah 10 persen cadangan. Artinya setiap ruangan tersedia kursi cadangan sebanyak 2 kursi," katanya.

Unsri juga kata Taufiq, telah menyiapkan tempat khusus untuk peserta yang memiliki kebutuhan khusus di gedung Fakultas Ekonomi pada sesi 3 (tanggal 2 Mei 2024).
BACA JUGA:Mengatasi Keresahan Orang Tua, Disdikbud Ogan Ilir Terbitkan Surat Edaran Seragam Sekolah Baru

BACA JUGA:UNSRI kembali Gelar Wisuda Bagi 1.225 Lulusan Baru, Salah Satunya Ada Anak Mantan Gubernur Sumsel
Sementara untuk 10 lokasi UTBK-SNBT peserta umum yakni berada di Gedung Fakultas Ekonomi, Gedung Fakultas Teknik, Gedung Fakultas Kedokteran, Gedung Fakultas Pertanian.

Kemudian Gedung C Lantai 2 FKIP, Gedung A Fasilkom, Fakultas Mipa, Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat, Gedung Studen Center Lantai 5, dan Perpustakaan Unsri.

"Kami himbau kepada peserta untuk mengecek terlebih dahulu lokasi tes minimal H-1 sebelum ujian dimulai, agar pada hari H tidak repot harus mencari-cari lokasi tes," harabnya.

Taufiq juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait sebagai langkah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan hal-hal yang tidak di inginkan.

"Kita sudah kordinasi dengan pihak Dishup maupun Lantas Polres Ogan Ilir untuk pengaturan lalu lintas. Juga hal lainya seperti terkait kelistrikan. Semua telah kita antisipasi," katanya.
BACA JUGA:Disdik OKU Tetapkan Libur Sekolah Idul Fitri 2024

BACA JUGA: Aturan Baru SNBP: Peserta Yang Lolos Tak Boleh Daftar SNBT dan Jalur Mandiri
Pihak Unsri kata taufiq juga telah menghimbau agar prusahaan Damri dapat beroperasi dengan menyesuaikan jadwal yang ada.

"Kita hanya sebatas menghimbau terkait dilaksanakan atau tidak kembali lagi kepada pihak prusahaan," katanya.

Adapun terkait transparansi dan Passing Grede, dalam UTBK-SNBT tahun 2024 ini, Kata Rektor para peserta setelah selesai ujian akan mengetahui langsung hasil ujian. Dari hasil itu dapat di tentukan masuk passing greade atau tidak sesuai prodi masing-masing yang di ambil peserta.

"Selain itu seminggu setelah ujian peserta dapat mencetak sendiri hasil ujianya masing-masing. Saya rasa itu adalah bentuk tranparansi," katanya.

Dirinya berpesan agar para peserta dapat belajar dengan giat dan rajin serta berdoa agar ujianya dapat dilancarkan serta mendapatkan hasil yang memuaskan."belajar serta berdoa agar hasilnya sesui yang di inginkan," pesanya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: