Bikin Heboh! FJB Usul Pembentukan Provinsi Jambi Barat Pemekaran Provinsi Jambi

Bikin Heboh! FJB Usul Pembentukan Provinsi Jambi Barat Pemekaran Provinsi Jambi

Bikin Heboh! FJB Usul Pembentukan Provinsi Jambi Barat Pemekaran Provinsi Jambi.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAMBI, PALPOS.ID – Bikin heboh! Forum Jambi Barat atau FJB usul pembentukan Provinsi Jambi Barat pemekaran Provinsi Jambi.

Bahkan, usulan pembentukan provinsi baru itu terus diperjuangkan, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Alasan pembentukan provinsi DOB, selain aspirasi warga dan tokoh masyarakat, juga untuk memangkas rentang kendali pelayanan birokrasi pemerintahan.

Ada beberapa tokoh masyarakat tergabung dalam FJB tersebut. Diantaranya Ramli Thaha, Sri Hartati, Saiful Riswandi, Syamsurizal, Hamdan, serta tokoh masyarakat lainnya.

BACA JUGA:3 Daerah Paling Kaya di Provinsi Jambi, Apakah Kota Sungai Penuh Termasuk?

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Kabupaten Bungo Provinsi Jambi Bentuk Daerah Otonomi Baru Kota Muara Bungo, Ini Progresnya...

Pemekaran Provinsi Jambi dengan membentuk Provinsi Jambi Barat memang sangat realistis, mengingat luas wilayah Provinsi Jambi 53.435,72 kilometer persegi.

Sementara jumlah penduduk Provinsi Jambi berdasarkan data Dirjen Dukcapil tahun 2022 sebanyak 3.64 juta jiwa.

Saat ini ada 1 kota dan 5 kabupaten menyatakan diri bergabung dengan Provinsi Jambi Barat tersebut. Yakni Kota Sungai Penuh yang juga bakal calon ibukota Provinsi Jambi Barat.

Sedangkan 5 kabupaten bergabung yakni Kabupaten Kerinci, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, dan Kabupaten Merangin.

BACA JUGA:Usulkan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Kabupaten Kerinci Hilir Pemekaran Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

BACA JUGA:Usulkan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi...

Salahsatu tokoh masyarakat Sri Hartati membenarkan jika FJB usulan pembentukan Provinsi Jambi Barat pemekaran Provinsi Jambi tersebut.

‘’Bahkan, FJB juga akan usulan sejumlah tokoh asal Jambi Barat untuk maju cagub-cawagub Provinsi Jambi pada Pilkada 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: