Antisipasi Karhutla, Gelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air

Antisipasi Karhutla, Gelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air

Antisipasi Karhutla, Gelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air --Foto: Febi/Palpos.idUntuk mengatasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Muara Enim, Polres Muara Enim menggelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air di Halaman Mapolres Muara Enim, Senin

Selain melakukan pencegahan, instansi pemerintah dan masyarakat juga harus melakukan upaya tanggap darurat ketika terjadi kebakaran lahan.

BACA JUGA:Terjaring Operasi Zebra, 990 Pelanggar di Prabumulih Akan Jalani Proses Sidang

Persiapan dan perencanaan dalam menangani kebakaran lahan antara lain dengan menyediakan sumber daya air yang cukup dan mobil pemadam kebakaran yang siap digunakan, serta tempat penampungan air yang strategis di daerah-daerah yang berpotensi terjadi kebakaran.

Tindakan preventif dan tanggap darurat harus dilakukan secara terintegrasi dan terkoordinasi oleh semua pihak, baik dari pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat. Hal ini akan mampu meminimalkan risiko kebakaran lahan dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya di masa yang akan datang.

Kesimpulannya, apel pergeseran personil dan kendaraan suplay air yang digelar oleh Polres Muara Enim merupakan langkah nyata dalam menangani kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:2 Sekolah di OKU ikut Verifikasi CSAM Nasional 2023

Namun, perlu adanya tindakan preventif yang terintegrasi dan kerjasama yang baik antara semua pihak dalam menjaga kelestarian lingkungan agar kebakaran hutan dan lahan dapat dihindari di masa yang akan datang.

"Oleh karena itu, diperlukan kesadaran bersama dan aksi nyata dalam menjaga lingkungan," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: