Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lantik 19 Majelsi Pengawas Daerah Notaris

 Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lantik 19 Majelsi Pengawas Daerah Notaris

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, menggelar upacara pelantikan 19 Majelis Pengawas Daerah Notaris.

Acara prestisius ini berlangsung pada Selasa (23/1) di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel.

Dalam sambutannya, Dr. Ilham Djaya menyampaikan keyakinannya bahwa para pegawai yang dilantik adalah individu yang memiliki integritas tinggi dan pendidikan yang baik.

BACA JUGA:Kadivyankumham Ika Ahyani Kurniawati: Membangun Kesadaran Kekayaan Intelektual di Muara Enim

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Dorong Batik Khas Muara Enim Menjadi Indikasi Geografis

Beliau berharap para pengawas yang baru dapat melaksanakan tugas pengawasan notaris dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pelantikan ini mencakup 19 orang yang terdiri dari Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Muara Enim, PALI, Pagaralam, Empat Lawang, dan Lahat, untuk periode Januari 2024 hingga Januari 2027.

Selain itu, juga dilakukan pelantikan Penggantian Antarwaktu (PAW) MPDN Kota Palembang, untuk periode April 2022 hingga April 2025.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Ambil Sumpah WNA China Jadi WNI

BACA JUGA:Gelar Fun Walk dan Senam Bersama, Kemenkumham Sumsel Semarakkan Hari Bakti Imigrasi ke-74 Tahun 2024

Dr. Ilham Djaya menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang jabatan Notaris, Majelis Pengawas (MPD) memiliki peran penting dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap Notaris di tingkat Kabupaten/Kota.

MPD sendiri terdiri dari unsur Pemerintah, Notaris, dan Akademisi.

Dalam konteks Sumatera Selatan, di mana terdapat 515 Notaris yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota, Kemenkumham Sumsel telah membentuk enam Majelis Pengawas. Ketua Kakanwil, Ilham Djaya, merincikan pembagian tugas pengawasan, termasuk Majelis Pengawas Wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Galang Netralitas ASN dalam Menghadapi Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: