Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Air Limba Lapas Perempuan Palembang Tersambung Jaringan IPAL Palembang

 Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Air Limba Lapas Perempuan Palembang Tersambung Jaringan IPAL Palembang

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Sebuah langkah besar telah diambil di Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang untuk meningkatkan standar kesehatan dan lingkungan.

Proyek penyambungan pembuangan air limbah ke jaringan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) telah sukses dilaksanakan dengan kolaborasi antara Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Palembang serta CV.

ADI Praja. Proyek ini telah berlangsung selama 48 hari, dimulai pada tanggal 24 November 2023 hingga 10 Januari 2024.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Sumatera Selatan

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak untuk mencegah pencemaran air tanah yang disebabkan oleh pembuangan langsung air limbah rumah tangga ke badan air di sekitar Lapas Perempuan Palembang.

Dengan penyambungan ke jaringan IPAL, limbah cair dapat dialirkan secara efisien ke Waste Water Treatment Plant, mengurangi risiko pencemaran dan meningkatkan kualitas lingkungan sekitar.

Proyek ini melibatkan berbagai tahapan yang meliputi sosialisasi kepada calon sambungan rumah (SR), inventarisasi kebutuhan material, pekerjaan konstruksi/sambungan seperti bongkaran beton.

BACA JUGA: Puncak Peringatan HBI ke-74, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Tasyukuran

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Dorong Pelayanan Berbasis HAM di Pemkab Empat Lawang

Galian tanah, pemasangan plastik sheet, pemasangan pipa dan aksesoris, serta koneksi ke pipa pembuangan limbah rumah warga.

Tim juga melakukan penimbunan kembali menggunakan tanah galian/pasir, uji alir/commissioning, dan pengembalian lahan ke posisi semula.

Selama proses pengerjaan, keamanan dan ketertiban dijamin dengan keterlibatan 2 orang staf yang mengawasi seluruh aktivitas.

BACA JUGA: Peringati HBI ke- 74, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: