Wujudkan Lapas Produktif Melalui Bimbingan Teknis Kegiatan Kerja dan Produksi Bagi Petugas Pemasyarakatan

 Wujudkan Lapas Produktif Melalui Bimbingan Teknis Kegiatan Kerja dan Produksi Bagi Petugas Pemasyarakatan

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan telah mengadakan acara Bimbingan Teknis Kegiatan Kerja dan Produksi Bagi Pelaksana di Bidang Kegiatan Kerja dan Produksi.

Acara yang berlangsung dari 4 hingga 6 Maret 2024 di Hotel Santika Premiere Palembang ini diikuti oleh perwakilan pegawai dari 28 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Bimbingan teknis ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas pemasyarakatan dalam melaksanakan program latihan kerja dan kegiatan kerja produksi bagi warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas).

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Buka Program Rehabilitasi Narapidana Narkotika di Lapas Palembang

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Sosialisassikan Layanan Fidusia

Dalam sambutannya saat membuka acara, Bambang Haryanto, selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan, menyoroti pentingnya pembinaan kemandirian dalam kegiatan lapas.

Menurutnya, pembinaan kemandirian dapat ditingkatkan melalui kegiatan menghasilkan barang dan jasa yang memiliki manfaat dan nilai tambah, yang kemudian dapat menjadi sumber penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bambang Haryanto juga menegaskan bahwa pada Rencana Aksi di Tahun 2024, pelaksanaan Pemasaran Produk pada UPT Pemasyarakatan Produktif Melalui E-Katalog Sektoral Kemenkumham Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menjadi salah satu target kinerja yang perlu diprioritaskan.

BACA JUGA: Tim Perancang Kemenkumham Sumsel Sinergi dengan DPRD Banyuasin dalam Penyusunan Ranperda

BACA JUGA:Pastikan Target Kinerja Triwulan I Berjalan Baik, Tim Divisi Adminitrasi Kemenkumham Sumsel Kunjungi UPT

"Maka dari itu, mari kita wujudkan Lembaga Pemasyarakatan di Sumatera Selatan ini menjadi Lapas Produktif dengan terus meningkatkan produksi dan pemasaran melalui E-Katalog serta menjalin kerja sama dengan Koperasi yang telah berbadan hukum," ujar Kadivpas.

Hernika Andriani, Kepala Subbidang Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerja Sama, menyampaikan harapannya bahwa melalui Bimbingan Teknis ini.

Para petugas pemasyarakatan dapat memperoleh pengetahuan terkait sistem, mekanisme, dan prosedur Kegiatan Kerja dan Produksi, Pemasaran Produk, serta Pengelolaan PNBP dari Hasil Kegiatan Pembinaan Kemandirian di UPT Pemasyarakatan.

BACA JUGA: Jadi Narasumber Sosialisasi Pancasila, Kadivyankum Kemenkumham Sumsel Sampaikan Materi Kebijakan Regulasi di

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Pewarganegaraan dan Kewarganegaraan

Dalam kegiatan ini, narasumber dari Direktorat Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan Ditjenpas, yaitu Muhammad Haidar Fikri (PJ Bidang Latihan Keterampilan) dan Agus Setiyawan (Pelaksana), turut hadir.

Mereka memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta terkait bidang kegiatan kerja dan produksi di lembaga pemasyarakatan.

Bimbingan teknis ini menghadirkan berbagai materi yang mencakup aspek-aspek penting terkait kegiatan kerja dan produksi di lapas.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Apresiasi Penyelenggaraan Rakor Capaian Kinerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: