Sekda OKU Buka Pasar Bedug di Tamkot Baturaja

Sekda OKU Buka Pasar Bedug di Tamkot Baturaja

Sekda OKU Dharmawan Irianto saat membuka Pasar Bedug di Tamkot Baturaja. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah diwakili Sekda OKU Dharmawan Irianto, membuka kegiatan Pasar Bedug Ramadhan 1445 Hijrah bertempat di seputar Taman Kota Baturaja, Selasa, 12 Maret 2024.

Ketua Pelaksana Pasar Bedug Tommy SH yang juga Kadin Koperasi dan UKM Kabupaten OKU mengatakan, pasar bedug ini dibuka dalam rangka menyambut ramadhan sekaligus memberi peluang bagi UKM Mikro pangan untuk meningkatkan pendapatan.

Tujuan diadakannya kegiatan pasar bedug ini adalah supaya dapat menjadi momentum untuk membangkitkan geliat ekonomi yang ada di Kabupaten OKU khususnya pada sektor UMKM. "Ada sebanyak 200 pelaku UMKM Kabupaten OKU terlibat di dalam pasar bedug ini, dengan difasilitasi tenda sebanyak 40 unit secara gratis,”jelasnya.

Selain Pembukaan pasar bedug ini, Pemerintah Kabupaten OKU juga akan menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada Panti asuhan Asyifa, Annur, Asaniah dan Mustika.

Sementara Sekda OKU Dharmawan Irianto menyampaikan, kegiatan pasar bedug ini bagian dari upaya untuk menstimulasi semakin tumbuh kembangnya bagi pelaku usaha kecil terutama usaha bidang kuliner dan makanan ringan.

BACA JUGA:Pemkab OKU Gandeng 200 UMKM di Pasar Bedug

BACA JUGA:Bupati OKU Buka Pasar Bedug di Taman Kota Baturaja

Diharapkan mampu menumbuhkan semangat wirausaha dan meningkatkan peluang bagi pelaku UKM untuk terus mengembangkan usahanya agar semakin kreatif dan menghasilkan produk makanan atau minuman yang sehat untuk di konsumsi masyarakat.

Sekda juga berharap, kuliner yang diperjual belikan di pasar bedug ini dapat mengutamakan makanan tradisional yang merupakan ciri khas daerah OKU agar kegiatan pasar bedug dapat menjadi media bagi masyarakat khususnya generasi penerus untuk lebih mengenal makanan-makanan ciri khas daerah kabupaten OKU dari budaya lokal.

Atas nama Pemerintah Daerah sangat bangga dan menyampaikan apresiasi dengan antusiasme warga dan para peserta atau pelaku usaha makanan dan minuman yang telah berpartisipasi menyemarakkan pasar bedug ini. 

Selain itu, makna penting pasar bedug ini yakni sebagai wisata kuliner dan memasyarakatkan makanan khas daerah, untuk menu berbuka puasa bagi masyarakat OKU.

Pada akhir sambutannya PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah melalui Sekda OKU menyampaikan secara pribadi dan mewakili seluruh keluarga besar serta jajaran Pemkab OKU, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriyah serta permohonan maaf lahir dan bathin atas segala kekeliruan dan kekhilafan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako kepada 4 Panti Asuhan yaitu Asyifa, Annur, Asaniah dan Mustika oleh Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, didampingi Forkopimda OKU serta pengguntingan pita tanda telah dibuka secara resmi kegiatan pasar bedug dan dilanjutkan meninjau satu persatu para pelaku UKM di pasar bedug. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: