Berkah Ramadhan, Pengusaha Cincau Asal Desa Talang Balai Ogan Ilir Ini Panen Cuan

Berkah Ramadhan, Pengusaha Cincau Asal Desa Talang Balai Ogan Ilir Ini Panen Cuan

Cerita di Balik Banjir Pesanan Cincau di Bulan Ramadan--Foto: Isro Palpos

OGANILIR,PALPOS.ID - Bulan Ramadan selalu menjadi momen yang dinantikan, bukan hanya oleh umat Muslim untuk beribadah, namun juga oleh para pedagang untuk meningkatkan penjualan produk-produk khas Ramadan. Di Kabupaten Ogan Ilir, salah satu produk yang selalu menjadi primadona di bulan suci ini adalah cincau.

Setiap tahun, para pengusaha cincau di Kabupaten Ogan Ilir seperti Agus dari Desa Talang Balai Lama Kecamatan Tanjung Raja selalu mengalami peningkatan pesanan yang signifikan dari pedagang di Pasar Jakabaring Palembang

Agus melalui salah seorang pekerjanya Yusuf mengungkapkan bahwa setiap hari selama bulan Ramadan, ia menerima pesanan sebanyak lebih kurang 1.000 nampan cincau dari para pedagang di Pasar Induk Jakabaring.

Dirinya mengatakan tidak hanya melayani pedagang dari Pasar Jakabaring, tetapi juga dari desanya sendiri. Dengan kualitas produk yang konsisten dan harga yang bersaing, 

BACA JUGA:Kendaraan Sehat, Jiwa Selamat, Sat Lantas Poalres Ogan Ilir Beri Himbaun ke Mahasiswa dan Ojin

BACA JUGA:Menuju Tanjung Senai dengan Mudah, Shuttle Bus Gratis oleh Pemkab Ogan Ilir Kini Sudah Mulai Beroperasi

"Satu nampan cincau produksi dijual dengan harga Rp 16.000, dan dengan pesanan harian mencapai 1.000 nampan,"katanya.

Proses produksi cincau tidaklah mudah. Yusuf, juru masak cincau milik Agus, mengungkapkan bahwa daun cincau yang diolah berasal langsung dari Wonosobo. Setiap bulan Ramadan, mereka mempersiapkan sekitar 1,2 ton daun cincau yang sudah dipesan sebulan sebelumnya. 

"Membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas seperti daun cincau, natrium karbonat, dan sagu. Daun cincau kering kita rebus kemudian air perasanya kita tirisan baru kemudian di campur bahan sagu dan yang lain baru kemudian proses cetak,"katanya.

Selain kelezatannya, cincau juga dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan. Cincau hitam, yang merupakan varian yang paling populer, kaya akan serat, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, zat besi, dan antioksidan. 

Manfaat kesehatan cincau termasuk melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan darah, serta melindungi tubuh dari radikal bebas.

BACA JUGA:Menyambut Ramadan 1445 Hijriah, Masjid Agung An-Nur Ogan Ilir Siap Dengan Nuansa Baru

BACA JUGA: Inisiatif Tanggap Darurat Dinas Perikanan Ogan Ilir, Beri Perahu Getek Hingga Ikan Segar ke Korban Banjir

Di bulan Ramadan, cincau tidak hanya disajikan dalam bentuk minuman, tetapi juga diolah menjadi berbagai hidangan yang menyegarkan. Mulai dari es cincau hingga es alpukat cincau pisang, cincau tetap menjadi pilihan utama untuk menikmati hidangan lezat dan sehat selama bulan suci ini.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: