Demokrat Belum Restui Harnojoyo Maju Pilgub Sumsel, Meski Telah Lakukan Deklarasi

Demokrat Belum Restui Harnojoyo Maju Pilgub Sumsel, Meski Telah Lakukan Deklarasi

--

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya dan H harnojoyo memang telah mendeklarasikan rencana mereka untuk berduet dalam pilkada Gubernur akhir 3034 mendatang.

Namun, sampai saat ini Partai Demokrat yang menaungi H Harnojoyo, masih belum memberikan restu kepada mantan walikota Palembang itu untuk maju pilkada gubernur.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Partai Demokrat menegaskan bahwa hingga saat ini, belum ada keputusan resmi terkait calon yang akan diusung dalam Pilgub Sumsel 2024.

BACA JUGA:LPP Suara Rakyat Laporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu oleh KPU Kabupaten Empat Lawang ke Bawaslu Sumsel

BACA JUGA:Oknum Caleg Gerindra Mangkir Panggilan Penyidik, Gakkumdu Sumsel Putuskan Tak Terbukti Politik Uang

Bahkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), belum membuat langkah konkret dalam menentukan siapa yang akan menjadi perwakilan partai dalam kontes tersebut, termasuk untuk pilkada Gubernur Sumsel.

Padahal, sebelumnya seorang tokoh lokal, Harnojoyo, telah mendeklarasikan niatnya untuk maju sebagai bakal calon wakil gubernur (Cawagub) Sumsel, mendampingi Mawardi Yahya.

Menanggapi hal itu, Partai Demokrat menegaskan bahwa keputusan ini bukanlah hasil dari keputusan resmi partai.

BACA JUGA:Herman Deru Tidak Pernah Terpikir Meninggalkan Mawardi Yahya : Hormati Keputusan Politik MY !

BACA JUGA:Noviadi dan Samantha Bersaing di Sumsel II, Pengamat : Terjadi Pergeseran Dinamika Politik Sumsel

"Untuk menentukan bakal Cagub/Cawagub, itu kewenangannya ada di Majelis Tinggi Partai Demokrat dan Ketua Umum Demokrat," tegas Sekretaris DPD Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki.

Tindakan Harnojoyo ini juga dianggap sebagai langkah sepihak oleh Demokrat, menimbulkan pertanyaan tentang keseriusan dan keberlanjutan dukungan terhadap pasangan ini jika tidak mendapat restu dari partai.

Namun, bagi Harnojoyo, mungkin langkah ini adalah cara untuk memperkuat posisinya di tengah ketidakpastian politik yang sedang terjadi.

BACA JUGA:Skandal Money Politik Mengguncang Pemilu 2024: Tiga Caleg Dilaporkan ke Gakkumdu Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: