Dorong Pertumbuhan Ekonomi: Gerak Syariah Sumatera Selatan Giring Masyarakat Menuju Pemahaman Keuangan Syariah

Dorong Pertumbuhan Ekonomi: Gerak Syariah Sumatera Selatan Giring Masyarakat Menuju Pemahaman Keuangan Syariah

--

BISNIS, PALPOS.ID-  Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (OJK Sumsel Babel) telah sukses menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (Gerak Syariah) 1445 H di wilayah Sumatera Selatan.

Dengan fokus pada peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah, serta dukungan terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat ekonomi syariah di wilayah tersebut.

Gerak Syariah di Sumatera Selatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk dan layanan keuangan syariah, sambil memberikan dukungan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka.

BACA JUGA: OJK dan Kemendagri Bersatu untuk Menguatkan Bank Pembangunan Daerah dalam Memajukan Ekonomi Lokal

BACA JUGA:Oppo K11X: Ponsel Canggih dengan Kamera 108MP dan Fast Charging 67W

Dalam konteks ini, Sumatera Selatan mengalami tantangan dalam tingkat literasi keuangan syariah yang masih di bawah rata-rata nasional.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, tingkat literasi keuangan syariah di Sumatera Selatan mencapai 6,75 persen, sementara tingkat inklusi keuangan syariah sudah mencapai 20,52 persen, melebihi rata-rata nasional.

Salah satu acara utama dalam Gerak Syariah adalah "Jajan Bukoan Sumatera Selatan 1445 H".

BACA JUGA:Yuk Kenali Daftar 223 Pinjol Ilegal yang Diblokir OJK Januari-Februari 2024 !

BACA JUGA:Tingkatkan Literasi Keuangan, BNI dan OJK Ajak Pelajar Kenali Program SiMud

Kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Grab, dan Indonesian Council Small Business (ICSB) menghasilkan acara yang meriah dan bermanfaat.

Berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 15 hingga 24 Maret 2024, event ini menampilkan berbagai kegiatan yang menarik.

Diantaranya adalah Bazaar Kuliner UMKM, Edukasi Keuangan dan Kewirausahaan, Interactive Booth, Layanan SiMOLEK Edutainment, Layanan Pemeriksaan Kesehatan, hingga Community Performance seperti pertunjukan seni budaya dan demo memasak. Program berbagi takjil juga turut mengisi kegiatan ini.

BACA JUGA:OJK Dorong Inovasi Pembiayaan untuk Pertumbuhan Sektor Kelapa Sawit Rakyat

BACA JUGA:Pesan OJK Waspada Nonton Dapat Cuan, Bisa Jadi Ilegal

Partisipasi aktif dari lembaga keuangan, seperti sektor Perbankan, Pasar Modal, dan Industri Keuangan Non-Bank, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sumatera Selatan (FKIJK Sumsel), menjadi pendorong utama kesuksesan acara ini.

PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Syariah Indonesia, PT BPD Sumsel Babel, PT Bursa Efek Indonesia, dan PT Pegadaian turut memberikan dukungan penuh.

Selain itu, Gerak Syariah juga memberikan perhatian kepada para pekerja informal, khususnya para Driver Online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: