Kesehatan Gigi Tak Terganggu saat Mudik: Layanan Teledentistry sebagai Pilihan Terbaik

Kesehatan Gigi Tak Terganggu saat Mudik: Layanan Teledentistry sebagai Pilihan Terbaik

Jadikan perawatan gigi dan mulut sebagai prioritas utama di momen spesial ini-Foto: Istock by Peopleimages-

KESEHATAN, PALPOS.ID - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi mudik dan berkumpul bersama keluarga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Namun, dalam kesibukan persiapan liburan tersebut, seringkali kesehatan gigi dan mulut terabaikan.

Untuk mengingatkan pentingnya perawatan gigi dan mulut, drg. Gagah Daru Setiawan, MM., Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, menekankan perlunya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai bagian integral dari persiapan menyambut Lebaran.

BACA JUGA:Pilihan Sehat Setelah Santap Lebaran: Minuman Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Ampuh

BACA JUGA:Menjelajah Lebih Jauh tentang Pakcoy: Menggali Manfaat Populer dari Sayuran Ini

Saat merayakan Idul Fitri, masyarakat Indonesia cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang bervariasi, termasuk yang mengandung gula, bersantan, berlemak, dan berminyak.

Konsumsi makanan semacam ini dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut, meningkatkan risiko penumpukan plak dan lemak pada gigi.

Oleh karena itu, drg. Gagah menekankan pentingnya kebiasaan menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan berlemak serta membatasi makanan manis dan olahan siap saji.

BACA JUGA:Tips Mempersembahkan Hari Kemenangan dengan Lebih Siap

BACA JUGA:Jamur Kuping Dapat Mengurangi Stress dan Mencegah Anemia

"Saat mengonsumsi makanan berlemak, lemak akan menempel di permukaan gigi. Sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak untuk mencegah sisa lemak menempel di gigi dan gusi. Selain itu, membatasi olahan siap saji dan makanan manis, serta menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat," ujar drg. Gagah.

Tak hanya itu, konsumsi air putih yang cukup juga sangat penting.

Dengan minum minimal 8 gelas air putih setara dengan 2 liter per hari atau minum teh hijau maupun hitam, dapat membantu mencegah peradangan pada gusi dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:Mengenal Manfaat Daun Mint yang Segar dan Berkhasiat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: