Kerjasama PLN dan TNI: Bantuan Sosial untuk Pulau Tagulandang Mengalami Peningkatan

 Kerjasama PLN dan TNI: Bantuan Sosial untuk Pulau Tagulandang Mengalami Peningkatan

--

BISNIS, PALPOS.ID-PT PLN (Persero) berhasil mengembalikan pasokan listrik ke Pulau Tagulandang setelah terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Langkah cepat PLN ini berhasil memulihkan pasokan kelistrikan yang sempat terhenti sementara karena faktor keamanan, membawa kembali normalitas bagi warga setempat.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menekankan bahwa perusahaan ini bertindak cepat dalam menangani situasi tersebut.

BACA JUGA: Persiapan Matang PLN untuk Menyambut Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum ke-10

BACA JUGA: PLN Siapkan Infrastruktur dan Personel untuk Menyukseskan KTT WWF di Bali

"Setelah insiden erupsi, seluruh unit PLN bergerak cepat untuk memulihkan sistem kelistrikan,"ujar Darmawan.

Langkah-langkah tersebut meliputi pembersihan dari material erupsi serta perbaikan peralatan pembangkit dan jaringan distribusi, secara bertahap membawa kembali listrik ke kondisi normal.

Dalam upaya menormalisasi pasokan listrik di Sistem Tagulandang, PLN menyiapkan 12 unit pembangkit listrik dengan total daya mampu 1.400 kiloWatt (kW).

BACA JUGA: Tol Listrik Sumatera Siap Beroperasi: PLN Fokus pada Kelistrikan Andal dan Layanan yang Responsif

BACA JUGA:Infrastruktur Kendaraan Listrik Diperkuat: PLN Tambah 98 Unit SPKLU untuk Masa Mudik

Selain itu, 81 personel siaga, termasuk teknisi pembangkit, petugas layanan teknis, dan personel Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), turut dikerahkan.

Ari Dartomo, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo), menyoroti prioritas PLN dalam proses pemulihan listrik.

"Saat ini, seluruh 7.735 pelanggan di Pulau Tagulandang telah kembali mendapatkan pasokan listrik, dan seluruh jalur di Sistem Tagulandang sudah normal kembali," jelas Dartomo.

BACA JUGA:Persiapan PLN untuk Momen Mudik: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Siap Sambut Pemudik

BACA JUGA: Menteri ESDM: PLN Siap Hadapi Tantangan Kelistrikan Selama Momen Berharga

Dirinya juga mengapresiasi kerja sama dari semua pihak yang turut membantu PLN dalam mempercepat pemulihan listrik di Pulau Tagulandang.

"Kami berterima kasih atas semangat kolaboratif dari seluruh forkompimda dan instansi terkait yang berjibaku bersama PLN dalam membantu percepatan pemulihan listrik, mulai dari tahap koordinasi hingga bantuan di lapangan," tambah Dartomo.

Tidak hanya memulihkan sistem kelistrikan, PLN juga aktif membantu warga terdampak melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: