Polres OKI Dengarkan Keinginan Masyarakat Sungai Sodong, Cari Solusi Terbaik Sengketa Lahan 633

Polres OKI Dengarkan Keinginan Masyarakat Sungai Sodong, Cari Solusi Terbaik Sengketa Lahan 633

Polres OKI mendengarkan keinginan masyarakat Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji melalui kegiatan Jum'at Curhat, 31 Mei 2024.-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Kepolisian Resor Ogan Komering Ilir (Polres OKI) mendengarkan keinginan masyarakat Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji melalui kegiatan Jum'at Curhat, 31 Mei 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Kedai Laris Taman Segi Tiga Emas Kayuagung itu, guna mencari solusi penyelesaian sengketa lahan 633 hektar yang melibatkan warga Sungai Sodong dan PT SWA.

"Kami dan Pemda OKI dalam hal ini netral, tidak akan memihak PT SWA atau warga Sungai Sodong. Namun, kita mencari solusi dan jalan terbaik supaya penyelesaian permasalahan sengketa di lahan 633 itu bisa tercapai," ungkap Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto.

Ia menambahkan, sebagai upaya, mereka dan Pemda OKI mengimbau, agar masyarakat Sungai Sodong selalu taat kepada aturan dan bisa mengendalikan emosi setelah kejadian replanting.

BACA JUGA:Lantik 986 ASN PPPK Formasi 2023, Pj Bupati OKI Minta Tingkatkan Kinerja dan Taat Aturan

BACA JUGA:Jelang Idul Adha 1445 H, Pedagang Hewan Kurban di Kayuagung Mulai Bermunculan

"Alhamdulillah, masyarakat masih bisa sadar dan menghendaki permasalahan ini diselesaikan secara damai dan ada musyawarah mufakat untuk penyelesaian masalah tersebut," ujarnya.

Dikatakannya lagi, diskusi itu adalah awal. Dimana mereka mau mendengarkan apa yang diharapkan oleh warga, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama untuk Kabupaten OKI.

"Sama-sama kita mendengar, masyarakat OKI tidak menghendaki adanya konflik sosial dan ingin mewujudkan zero konflik di wilayah Bumi Bende Seguguk. Ke depan kita akan tetap berdiskusi dan berdialog dengan PT SWA, serta mengajak barang-barang untuk duduk bersama," tuturnya.

Masih kata Hendrawan, untuk situasi di TKP saat ini, Polres OKI tetap memantau dan tetap hadir menjaga kondusifitas. Mereka juga ada pengamanan di PT SWA plus monitoring situasi. 

BACA JUGA:Jadi Target, Seluruh Desa di OKI yang Belum Teraliri Listrik Akan Terang Benderang

BACA JUGA:PWI OKI Nyatakan Sikap Tolak RUU Penyiaran

Disinggung benarkah ada penembakkan? dirinya menerangkan, untuk suara letusan mereka sudah menyampaikan, dimana Manajemen PT SWA menuturkan ada suara letusan di pihak warga Sungai Sodong. Begitu pula warga Sungai Sodong berkata, ada letusan di area PT SWA.

"Kami sudah membuka diri dalam hal ini, apabila ada bukti permulaan yang cukup bahwa ada letusan senjata api, silahkan berikan informasi ke saya. Saya selalu mengajak PT SWA dan juga masyarakat, tolong sampaikan kepada kami jika ada buktinya seperti apa, ayo barang-barang ke lokasi tersebut," imbuhnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: