Makmurnya Masjid Agung Sholihin Kayuagung, Ternyata Karena Empat Unsur Ini

Makmurnya Masjid Agung Sholihin Kayuagung, Ternyata Karena Empat Unsur Ini

Ketua Takmir Masjid Agung Sholihin Kayuagung, H Antonious Leonardo bersama rekan-rekannya. Foto : Istimewa.--

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Terdapat empat unsur yang membuat Masjid Agung Solihin Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI makmur yakni pemerintah, aghnia atau pengusaha, jema’ah dan umat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Takmir Masjid Agung Sholihin Kayuagung, H Antonious Leonardo saat ditemui selepas Sholat Ashar pada, Kamis, 23 Maret 2023 kemarin.

Menurut Antonious, kemakmuran masjid tidak diukur dari luasnya tanah, megahnya bangunan, atau banyaknya saldo kas di rekeningnya. Tapi dari bagaimana tata kelola masjid bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk menjadi sarana beraktivitas.

BACA JUGA:Donat Cemilan Alternatif Setelah Berbuka, Ini Cara Membuatnya

"Lalu mengedukasi, membimbing dan memberdayakan masyarakat melalui manajemen infak yang baik. Masjid Agung Solihin telah memberi teladan. Pengelolaan masjid yang tidak hanya sebatas tempat ritual ibadah, namun juga ruang interaksi antar umat serta memberi solusi terhadap berbagai persoalan umat," ungkapnya.

Ia menambahkan,  pengelolaan keuangan masjid menjadi faktor penentu keberhasilan masjid ini sebagai tempat pembinaan sekaligus solusi persoalan umat.

BACA JUGA:Kejari OKU Gelar Pasar Murah Sambut Ramadhan

BACA JUGA:Meningkatkan Ekonomi Bagi UMKM, Pemkab Muba Berikan Fasilitas Untuk Jualan di Pasar Bedug

“Sebagai masjid besar kabupaten, masjid ini menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di OKI dari tata kelola peribadatan hingga keuangannya agar masjid tidak sekedar menjadi tempat ritual peribadatan tetapi juga menyejahterakan umat,”ujarnya.

Dikatakannya lagi, masjid yang berdiri tepat di pinggiran Sungai Komering ini tampak megah, bangunannya berwarna putih bersih. Ornamen khas Sumatera Selatan berwarna emas dan merah maroon menambah ke indahan masjid.

BACA JUGA:Peringati Hari Tuberculosis, Pasien TB Kecamatan Sembawa Terima Sembako

BACA JUGA:3 Desa Bersatus Mandiri, Ini Pesan Kepala DPMD Banyuasin Untuk Pemdes

"Di Halaman Masjid terdapat miniatur Perahu Kajang yang menjadi ikon masyarakat Kayuagung. Setiap tahun masjid ini direnovasi untuk memberi kenyamanan bagi jema’ah," tuturnya.

Lebih lanjut, pemugaran paling signifikan dilakukan di masa kepemimpinan Bupati OKI,   Iskandar SE sehingga masjid Solihin menjadi ikon wisata religi di kota ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: