Perkuat Jaringan: XL Axiata Siaga Hadapi Tantangan Trafik Saat Lebaran

Perkuat Jaringan: XL Axiata Siaga Hadapi Tantangan Trafik Saat Lebaran

--

BISNIS, PALPOS.ID-Menghadapi libur panjang Lebaran yang segera tiba, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk memastikan bahwa jaringan telekomunikasi dan data mereka siap menghadapi lonjakan trafik yang diperkirakan akan terjadi selama periode ini.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dirilis pada tanggal 30 Maret 2024, XL Axiata menyatakan bahwa mereka telah menyiapkan jaringan yang andal guna melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Lebaran.

Menurut Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, momen Lebaran selalu menjadi tantangan bagi operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu mengalami lonjakan yang signifikan.

BACA JUGA: XL Axiata Salurkan Donasi Kuota dan Router untuk Mendukung Literasi Digital Perguruan Islam

BACA JUGA: Siswa SMA di Belitung Raih Hadiah Fantastis Rp 250 Juta dari Program Kuis XL Axiata

Untuk mengantisipasi hal ini, XL Axiata telah melakukan persiapan yang matang, termasuk melakukan uji jaringan di semua jalur utama pulang kampung dan liburan yang tersebar di berbagai daerah, termasuk di sepanjang Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Darmayusa menambahkan bahwa diprediksi trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% - 20% selama libur Lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Kenaikan ini sebagian besar disebabkan oleh semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

BACA JUGA: XL Axiata Memimpin Revolusi Digital di Sulawesi dengan Jaringan 4G yang Merata

BACA JUGA: XL Axiata dan Sekolah Inspirasi Bangsa, Aceh Tamiang: Membangun Kemitraan yang Mengedepankan Pendidikan

Untuk menghadapi lonjakan trafik yang diperkirakan, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan mereka 2 - 3 kali lipat dari hari biasa.

Langkah-langkah antisipasi lainnya termasuk optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan selama masa libur Lebaran.

Sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata juga menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.

BACA JUGA: XL SATU Fiber Membawa Era Konektivitas Baru: 231 Ribu Pelanggan dan 1,7 Juta Homepass Tersentuh!

BACA JUGA:Senyum Bahagia Santri TPA Griya Mutiara 2 Usai Terima Dana Zakat MTXL XL Axiata

Selain itu, XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, termasuk tim teknis yang siaga selama 24 jam, 7 hari seminggu, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Mereka juga telah melakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: