Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Fakta Menarik Daerah Calon Otonomi Baru Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Fakta Menarik Daerah Calon Otonomi Baru Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Fakta Menarik Daerah Calon Otonomi Baru Provinsi Ketapang.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Kabupaten Ketapang memiliki potensi wisata yang luar biasa, terutama wisata pantainya. 

Beberapa pantai di Ketapang masih asri dan belum dikelola secara maksimal, menawarkan keindahan alam yang belum banyak tersentuh. 

Pantai-pantai tersebut antara lain Pantai Air Mata Permai, Pantai Kinjil, Pantai Tanjung Belandang, Pantai Pasir Putih, Pantai Tanjung Batu, dan Pantai Sungai Jawi. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kabupaten Ketapang: Usulan Pembentukan Tiga Kabupaten Otonomi Baru di Kalimantan Barat

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Mencuat Isu Pembentukan Tiga Kabupaten Otonomi Baru

Selain pantai, Ketapang juga memiliki beberapa pulau seperti Pulau Sawi, Pulau Selawi, dan Pulau Cempedak yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi ekowisata, meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

5. Misteri Padang 12

Salah satu hal yang menarik perhatian publik adalah Misteri Padang 12. Daerah ini terkenal setelah kunjungan Raja Dangdut Rhoma Irama ke Ketapang. 

Rhoma Irama terkejut dengan kemajuan pesat dan pembangunan yang terjadi di Kabupaten Ketapang, terutama di wilayah perkotaan. 

Padang 12 sendiri diduga terletak di Kecamatan Matan Hilir Selatan. 

Misteri yang melingkupi Padang 12 masih menjadi perbincangan menarik, menambah daya tarik Kabupaten Ketapang sebagai wilayah yang kaya akan cerita dan sejarah.

Wacana Pembentukan Provinsi Ketapang

Wacana pembentukan Provinsi Ketapang melibatkan pemekaran Kabupaten Ketapang menjadi tiga daerah otonomi baru selain Kota Ketapang. Daerah-daerah yang diusulkan untuk dimekarkan tersebut adalah:

Kabupaten Jelai Kendawangan Raya

Kabupaten Tumbang Titi atau Kabupaten Matan Hulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: