Kemenkumham Sumsel Serahkan 30 Sertifikat Paten di Unsri

Kemenkumham Sumsel Serahkan 30 Sertifikat Paten di Unsri

--

BACA JUGA: Kemenkumham  Sumsel Tandatangani PKS Dengan Bank Tabungan Negara Cabang Palembang

Ia juga menekankan pentingnya perlindungan paten bagi para inventor.

Menurut Ilham Djaya, berdasarkan Pasal 22 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten, perlindungan paten untuk invensi diberikan selama 20 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan.

Sementara itu, sesuai dengan Pasal 23 Undang-Undang yang sama, perlindungan paten sederhana untuk invensi diberikan selama 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev PEKPPP di UPT

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Lakukan Evaluasi Pelayanan Publik pada Imigrasi dan LPKA Palembang

"Perlindungan paten memiliki fungsi penting, yaitu sebagai jaminan perlindungan hukum, menambah kepercayaan konsumen, sebagai dasar hukum untuk melaporkan pelanggaran paten, dan sebagai hak eksklusif yang diberikan pemerintah untuk memonopoli perdagangan dari invensi yang dihasilkan," ujar Ilham Djaya.

Kegiatan Patent One Stop Service ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara berbagai pihak, termasuk PT Bukit Asam, Balitbang Muara Enim, Universitas Sriwijaya, dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Sinergi ini memungkinkan kegiatan POSS dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta memberikan manfaat yang besar bagi para inventor dan institusi akademik di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Pastikan Kualitas Layanan Bantuan Hukum di Lapas, Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel siapkan pelayanan keimigrasian kepulangan jemaah haji

Ketua Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Unsri, Prof. Dr. Fauzia, juga hadir dalam acara tersebut. Ia mengapresiasi upaya Kemenkumham Sumsel dan DJKI dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Menurutnya, Patent One Stop Service adalah langkah yang sangat positif dalam mendukung para akademisi dan peneliti untuk melindungi hasil karya mereka.

Prof. Dr. Fauzia menambahkan bahwa Unsri telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya paten di kalangan sivitas akademika.

BACA JUGA: Pastikan Layanan Paspor Berjalan Baik, Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sumsel Tinjau Kanim Muara Enim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: