2 Pelaku Gagal Bobol ATM depan RM Singgalang Jaya Lubuklinggau

2 Pelaku Gagal Bobol ATM depan RM Singgalang Jaya Lubuklinggau

Tersangka Bambang Irawan yang juga terlibat pembobolan ATM BNI di Lubuklinggau. -Palpos.id-Linggaupos.disway.id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID – Dua pelaku bobol ATM dengan modus ganjal tusuk gigi, ketiban apes.

Belum sempat menikmati hasil kejahatannya, malah kedua pelaku ditangkap, sebelum diamankan di Mapolres Lubuklinggau.

Kedua tersangka diamankan itu semuanya warga pendatang. Yakni Bustami (49), warga Jalan Tembok Raya Desa Nan Balimo Kecatan Tanjung Harapan Kota Solok Provinsi Sumbar.

Dan Bambang Irawan (57), warga Jalan Sapta Marga Gang H Harun Ali Pasar Hewan Kelurahan Talang Rimbo Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Oknum Polres Empat Lawang Bobol ATM untuk Bayar Utang Judi Online

Kedua tersangka diamankan saat beraksi di ATM BNI Jalan Yos Sudarso depan RM Singgalang Jaya Kota Lubuklinggau, Sabtu 17 September 2022, sekitar pukul 19.00 WIB.

Adapun korban pembobolan ATM tersebut, Lilis Suryani (40), warga Jalan Mangga III Kelurahan Nikan Jaya, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau.

Aksi para pelaku terekam kamera CCTV dan video amatir. Dimana, tersangka Bambang Irawan terlihat mengenakan peci dan baju kemeja.

Awalnya diamankan tersangka Bustami. Kemudian, diamankan juga tersangka Bambang Irawan juga di sekitar lokasi kejadian.

BACA JUGA:Pelaku Bobol ATM di Lubuklinggau Ternyata Oknum Polisi Empat Lawang

Pimpinan Cabang BNI Lubuklinggau, Aan Sastradiningrat mengatakan memang ada upaya bobol upaya bobol ATM dengan modus ganjal.

"Pelaku mengganjal dengan lidi tusuk gigi," katanya saat meninjau ATM BNI di Taba Pingin, Senin 19 September 2022 malam.

Setelah mengganjal, lanjutnya kemudian pelaku menunggu korban memasukan ATM di mesin ATM.

"Ketika ATM tersangkut, dan korban meninggalkan ATM pelaku beraksi. Tapi pelaku sudah diamankan oleh buser (polisi),"  katanya.

BACA JUGA:Gagal Bobol ATM,Pelaku Diburu Polisi

Sementara ATM bisa beroperasi sebagaimana biasanya. "Tidak ada yang rusak di ATM," tambahnya.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi, melalui Kasat Reskrim AKP Robi Sugara saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut.

"Bukan pembobolan mesin ATM. Namun pelaku mengganjal lubang ATM menggunakan tusuk gigi,” ungkap Robi.

‘’Saat ada korban hendak mengambil uang, ATM jadi macet, ia pura-pura membantu, namun tujuannya mencuri uan di rekening korban," jelas Robi, Senin 19 September 2022.

BACA JUGA:Bobol ATM Modal Tusuk Gigi, 3 Bandit asal Lampung Ditangkap Polres Cirebon

Dijelaskan Kasat Reskrim modus kedua pelaku ini, awalnya mereka mengganjal lubang masuk kartu di mesin ATM menggunakan tusuk gigi. Setelah itu mereka menunggu siapa saja yang bakal jadi korban.

Ternyata, yang datang adalah korban Lilis Suryani. Begitu korban masuk ke ATM, tersangka Bambang Irawan menyusul masuk, pura-pura hendak menggunakan ATM.

Sesaat kemudian, korban Lilis Suryani tidak bisa memasukkan kartu ATM-nya. Nah inilah kesempatan Bambang Irawan.

Awalnya ia pura-pura membantu. Bambang pun meninggalkan mesin ATM menuju ke korban.

BACA JUGA:Begini Kronologis dan Modus Oknum Polisi Bobol Mesin ATM

Bersamaan itu kemudian menyusul masuk tersangka Bustami, menuju mesin ATM yang ditinggalkan Bambang.

Sementara Bambang, berusaha membantu. Namun dengan cepat, ia langsung menukar ATM milik korban. Kemudian mengintip saat korban mengetikkan nomor PIN.

Setelah itu kedua tersangka keluar ATM dan kabur. Sementara korban Lilis Suryani juga keluar, tanpa menyadari kartu ATM-nya sudah ditukar oleh kedua pelaku.

Menggunakan ATM milik korban Lilis Suryani, selanjutnya kedua tersangka mengambil uang Rp450 ribu. Sementara korban menyadari menjadi korban pembolan ATM melapor ke Polres Lubuklinggau.

BACA JUGA:ATM BSB di Lingkungan Pemkab Empat Lawang Dibobol Maling

Berkaitan dengan hal ini, Kasat Reskrim mengimbau kepada pemilik kartu ATM, agar hati-hati saat mengambil uang di mesin ATM.

Kalau ada kendala sebaiknya jangan mudah percaya dengan orang yang hendak membantu. Sebaiknya agar melapor ke pihak bank yang bersangkutan. (*)

Berita ini sudah terbit di linggaupos.disway.id (Grup Palpos.id), dengan judul: https://linggaupos.disway.id/read/641558/pelaku-pembobol-atm-di-lubuklinggau-dua-orang-satu-lagi-warga-curup/15

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: linggaupos.disway.id