Potensi Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya Pemekaran Provinsi Maluku

Potensi Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya Pemekaran Provinsi Maluku

Potensi Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar Calon Ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya Pemekaran Provinsi Maluku, terutama potensi migas di Blok Masela.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SAUMLAKI, PALPOS.IDSaumlaki merupakan salahsatu kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar atau Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Karena wilayahnya merupakan ibukota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, maka Saumlaki juga direncanakan sebagai ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya nantinya.

Dimana, Kecamatan Saumlaki merupakan titik awal penjelajahan gugusan Kepulauan Tanimbar yang diketahui memiliki 174 pulau ini.

Dan Saumlaki ditegaskan sebagai wilayah objek vital. Sebab ada potensi sumber daya alam atau SDA berupa migas, serta berbatasan langsung dengan negara Australia.

BACA JUGA:Batas Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya Pemekaran Provinsi Maluku

BACA JUGA:Kabupaten Kepulauan Tanimbar Calon Ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya Pemekaran Provinsi Maluku

Bahkan, pada tahun 2010 lalu, Wakil Menteri Pertahanan atau Wamenhan Letjen Sjafrie Sjamsoeddin menetapkan Saumlaki sebagai objek vital.

‘’Sebab ada lapangan gas abadi di Blok Masela kawasan Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar atau Kabupaten Maluku Tenggara Barat,” tegas Sjafrie Sjamsoeddin kala itu.

Menurut Sjafrie Sjamsoeddin, wilayah Blok Masela tersebut bisa menghasilan jutaan ton gas per tahun. Itu belum lagi dari hasil minyak bumi di Blok Masela tersebut.

‘’Dan Saumlaki berbatasan langsung dengan negara Australia, sehingga akan mendapat pengamanan khusus dari Pemerintah dan aparat keamanan,” tambah Sjafrie Sjamsoeddin.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Maluku Usul Provinsi Baru, 1 Kota 4 Kabupaten Gabung Provinsi Maluku Tenggara Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Ini Kata Ketua P3BMR Terkait Provinsi Bolaang Mongondow Raya

Kali ini giliran pemekaran wilayah Provinsi Maluku usul provinsi baru. Dan 1 kota 4 kabupaten gabung Provinsi Maluku Tenggara Raya.

Wacana pembentukan Provinsi DOB Provinsi Maluku Tenggara Raya atau Provinsi MTR ini terus menggelinding, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: