Kemenkumham Sumsel Gelar Safari Ramadan Pertama di Rutan Palembang

 Kemenkumham Sumsel Gelar Safari Ramadan Pertama di Rutan Palembang

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, melakukan kegiatan Safari Ramadhan di Rumah Tahanan Kelas I Palembang pada Rabu, 20 Maret.

Dalam acara tersebut, Dr. Ilham Djaya didampingi oleh beberapa pejabat di antaranya Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti, Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto, Kepala Divisi Keimigrasian Filianto Akbar, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ika Ahyani Kurniawati.

Acara Safari Ramadhan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang merupakan penghuni Rumah Tahfidz Rutan Kelas I Palembang. Setelah itu, Kadivpas selaku Ketua Pelaksana kegiatan memberikan sambutan.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gelar Bimtek Sistem Database Pemasyarakatan

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev Keuangan, Kepegawaian, dan BMN

Kadivpas menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini akan dilaksanakan secara bergantian di beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sesuai dengan arahan Dirjen Pemasyarakatan yang mengimbau Lapas/Rutan untuk lebih meningkatkan pembinaan kepribadian rohani, seperti tadarusan selepas solat tarawih," ungkap Kadivpas.

Selanjutnya, Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan Safari Ramadan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antara seluruh jajaran dan WBP.

BACA JUGA: Komitmen Tegakkan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Kemenkumham Sumsel Canangkan P2HAM 2024

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Rapat Teknis Pengisian Kertas Kerja Penilaian Mandiri Maturitas SPIP

"Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pegawai dan WBP di bulan yang suci ini. Di bulan Ramadan ini, pahala dilipatgandakan berkali-kali lipat oleh Allah SWT, oleh sebab itu marilah kita memperbanyak ibadah, sedekah, dan berdoa mengharapkan keberkahan dari Allah SWT,” ujar Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga mengajak seluruh jajaran dan WBP untuk introspeksi diri serta lebih mengendalikan diri dan sabar dalam menjalani hidup.

“Semoga di Ramadan tahun ini kita selalu diberikan kemudahan dalam menjalani ibadah, serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” tutup Kakanwil.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel dan DJPB Sumsel Bekolaborasi Bina UMKM di Sumsel

BACA JUGA: Selama Ramadhan Kemenkumham Sumsel Gelar Pesantren Lapas

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustadz H. M. Sangkut, buka puasa bersama, dan sholat magrib berjamaah bersama jajaran pegawai dan WBP yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa tokoh penting diantaranya Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palembang Tetra Destorie Imantoro, Kepala Badan Penyelenggaraan Administrasi Peradilan Sudirwan.

Kepala Kantor Imigrasi Palembang Mohammad Ridwan, Kepala Lembaga Perlindungan Pekerjaan Asing Ike Rahmawati, Kepala Rutan Palembang David Rosehan, dan Kepala Rumah Pembinaan Khusus Anak Febryanto.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Serahkan Penghargaan Kab/Kota Peduli HAM Kepada Pj Gubernur Sumsel

BACA JUGA: Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Lapas Perketat Penjagaan Selama Bulan Ramadhan

Kegiatan Safari Ramadhan ini mencerminkan komitmen dari Kemenkumham Sumsel dalam memberikan pembinaan rohani kepada WBP serta mempererat hubungan antara lembaga pemasyarakatan dengan masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: